Perhatian Baznas Kota Madiun semakin dapat dirasakan bagi kalangan umat Islam di Kota Madiun. Salah satunya dirasakan para janda yang mempunyai usaha kecil dan masih mempunyai tanggungan anak kuliah atau sekolah. Untuk itu, sejalan dengan kebijakan BAZNAS RI bahwa pentasharufan BAZNAS di semua tingkatan untuk lebih mengedepankan program-program yang bersifat pemberdayaan prodktif, maka Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Madiun mulai tahun ini menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat melalui program Bantuan Usaha Untuk Janda (Bunda) guna meningkatkan kesejahteraan warga sasaran.

Ketua Baznas Kota Madiun H.M. Iskandar, mengatakan Program Bunda merupakan program bantuan terbaru yang digulirkan Badan Amil Zakat Nasional Kota Madiun di tahun 2023.

“Penerima program ini digulirkan tiap bulan dengan berbagai sasaran pelaku usaha. Terus berlanjut, bantuan ini akan disalurkan setiap bulan dengan penerima manfaat yang berbeda-beda,” ujar Iskandar.

Adapun Program Bunda diperuntukkan bagi para janda yang memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu beragama Islam atau Muslimah, masih memiliki tanggungan anak usia sekolah ataupun kuliah, mempunyai usaha kecil-kecilan, dan aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan tempat tinggal.

“Masing-masing sasaran menerima bantuan dana sebesar Rp3 juta. Bantuan tersebut diwujudkan berupa alat kerja sesuai jenis usaha yang digeluti dan tambahan modal usaha,” katanya.

K.Iskandar menambahkan untuk penyaluran bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Madiun Maidi selaku pembina Baznas di daerah setempat.

Selain Program Bunda, BAZNAS Kota Madiun juga mempunyai program pemberdayaan ekonomi lain yang dikemas dalam “Program Madiun Makmur”, seperti Bina Usaha Dhuafa Mandiri (Bisafari), Bisafari Difabel, UMKM Berbasis Masjid, “Z-Chicken”, dan diklat pemasaran online.

Pihaknya berharap melalui program bantuan itu mampu menciptakan nilai positif bagi masyarakat di Kota Madiun, utamanya kaum janda.

“Semoga bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan, tingkat ekonomi, kemandirian, dan pendapatan masyarakat sasaran,” katanya

H. Eddie Sanyoto selaku Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian/Pendayagunaan BAZNAS Kota Madiun mengajak kepada para janda penerima manfaat untuk senantiasa bersyukur dan kesungguhan menerima amanat bantuan menjadi salah satu terbukanya rizqi yang lainnya. Hal ini dengan tujuan agar pemanfaatan bantuan Baznas Kota Madiun ini dapat berdaya guna dan berhasil guna.

Ny Fulanah (salah satu penerima program BUNDA), mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diterimakan secara langsung kepada para Janda di Kota Madiun, seraya berharap ke depan para janda yang senasib denganya mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dan berkemandirian secara ekonomi. *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *