VISI, MISI, MOTTO, NILAI DAN AZAS PENGELOLAAN
BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA MADIUN
A. VISI
“ Menuju Masyarakat Kota Madiun Sadar Zakat , Infaq dan Shodaqoh Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Ummat “
B. MISI
Untuk mewujudkan Visi tersebut dapat ditempuh melalui 5 (lima) Misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pengelolaan zakat yang professional dan amanah;
- Meningkatkan fungsi dan peran kelembagaan pengelola zakat yang transparan dan mandiri;
- Meningkatkan pendayagunaan zakat infaq dan shodaqoh secara optimal;
- Menyempurnakan kwalitas pelayanan kepada masyarakat melalui keunggulan insani;
- Membangun kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan secara produktif;
C. MOTTO
“ Melayani Sepenuh Hati Membantu Sepenuh Kemampuan “
D. NILAI
Nilai-nilai yang ditetapkan dan harus dijunjung tinggi oleh seluruh pihak yang terlibat dengan BAZNAS Kota Madiun adalah:
- Takwa; semua hal yang dilakukan dalam rangka mengabdi kepada Allah dan akan mempertanggungjawabkan kepada Allah.
- Shiddiq; merupakan lembaga yang akuntabel (dapat memberikan pertanggungjawaban atas kinerja yang dilakukan) kepada publik sesuai dengan standar pelayanan dan tolok ukur yang diakui.
- Fathonah; merupakan lembaga yang mampu membangun kapasitas pelayanannya berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan dan inovasi pelayanan.
- Amanah; merupakan lembaga yang mendasarkan pengelolaannya pada aspek kejujuran dan integritas secara kelembagaan maupun personal para amilnya.
- Tabligh; merupakan lembaga yang mampu mengajak dan membangun seluruh potensi bangsa untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan mustahik sebagai wujud rahmatan lil’alamiin.
E. AZAS PENGELOLAAN
- Amanah
Pengelolaan (pemungutan, pengadministrasian dan pentasharufan) ZIS dilakukan sesuai tuntunan syar’i dan peraturan perundangan.
- Profesional
Pengelolaan ZIS dilakukan sesuai dengan prinsip – prinsip tata kelola yang benar.
- Transparan
Masyarakat dapat mengetahui ketentuan dan informasi pengelolaan ZIS dengan cepat dan mudah.